Minggu, 14 Agustus 2011

Bahan Kaos


Assalamu'alaikum
saat ini saya ingin sedikit membagikan alias mengshare sedikit tentang ilmu tekstil saya yaitu tentang jenis kain.

pernahkan anda memperhatikan dan bertanya tentang kain yang kita gunakan sebagai penutup aurat sekaligus penambah persentase kegantengan dan kecantikan?? pernahkah terpikir bagaimana cara pembuatan kain - kain tersebut, serta bahan baku yang dari apa yang bisa membedakan kualitas bahannya sehingga munculan istilah baju mahalan dan baju murahan?...hehehe.

untuk yang pertama saya akan menuju ke kain kaos, tidak bisa dipungkiri kaos saat ini cukup ngetrend, selain  cukup nyaman dan mudah digunakan adalah bentuknya yang tidak terlalu formal serta proses pembuatannya yang bisa dibilang cukup singkat. dan jelas harganya yang bisa dibilang relatif cukup murah dibandingkan dengan kemeja atau bentuk baju yang lain, tapi bukan berarti tidak bisa elegantkan??..hehehe.

secara umumnya kita banyak mendengar bahwa jenis kaos yang paling banyak digunakan dan nyaman untuk dipakai adalah cotton / katun. karena jenis bahan ini terbuat dari serat alam yaitu kapas, sehingga dengan salah satu sifatnya dingin dan menyerap air (keringat), maka cukup comfort untuk digunakan didaerah yang panas.

jenis katun dibagi menjadi 2 bagian (yang benar-benar 100% kapas) yaitu katun carded dan katun combed, yang lebih bagus dan lebih enak dipakai adalah katun combed.

sebenarnya hal mendasar yang membedakan keduanya adalah proses pembuatan benangnya, dimana pembuatan benang combed lebih baik dengan cara disisir (combing) sehingga serat - serat pendeknya lebih sedikit dibandingkan katun carded.

tapi dengan perkembangan teknik dan obat - obat yang digunakan dalam pencelupan sekarang ini, kadang kita sedikit kesulitan untuk membedakan antara carded dan combed. 

sampai disini dulu....semoga bermanfaat...:)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls